Spesifikasi Kamera Smartphone? cek ulasannya disini

Selamat pagi sobat dukunphone, kali ini dukunphone mencoba mengulas dan mengupas tuntas spesifikasi Kamera smartphone yang beredar di pasar indonesia. nah, sekarang ini sangat banyak sekali handphone terbaru dengan spek kamera yang bervareasi dan banyak sekali resolusinya, mulai dari VGA yang jaman dulu sampai dengan sekarang sudah ada yang sampai dengan 20MP ( 20 megapixel) gimana coba? mantap kan? udah hampir menyamai resolusi dari kamera DSLR,  Mungkin karena lagi naik daunnya aplikasi Instagram yang fokus sama Selfi-selfian jadi banyak anak muda sekarang yang membeli gadgetnya dengan kamera yang bagus dan resolusi yang besar.

Tapi sebentar, kamera ponsel sekarang ini emang sudah memiliki resolusi yang besar, tetapi khusus untuk photografi, banyak teknik sekarang yang bertebaran di internet yang mengulas dan memberi tips atau trik untuk memaksimalkan kamera ponsel yang kita miliki, jadi ndak harus dengan mengejar tingginya resolusi kamera smartphone yang hargannya terbilang sangat mahal. Oke, sekarang langsung aja kita simak sedikit ulasan tentang spesifikasi kamera smartphone saat ini.

Resolusi Kamera :

Apa itu resolusi Kamera ? Resolusi kamera adalah jumlah pixel vertikal dan pixel horisontal, dan resolusi merupakan langkah yang lain untuk menghitung jumlah megapixel yang terdapat pada sebuah kamera smartphone itu sendiri. Cek gambar di bawah ini ( mungkin agak ruwet dikit) hehe.

Resolusi Kamera
Resolusi Kamera pada smartphone

Megapixel Kamera Smartphone 

Nah lanjut ke apa itu megapixel kamera smartphone? Megapixels adalah jumlah pixel yang terdapat pada sebuah sensor kamera, pixel sendiri tersusun dari sebuah kotak kotak yang mana hitungannya 1 Megapixel adalah 1 juta pixel, jadi seperti hp xiaomi note 2 (punya e admin sendiri, haha) yang memiliki kamera dengan resolusi 12 Megapixel (12MP) jadi hp xiaomi tersebut memiliki 12 juta pixel atau 12 juta kotak sensor, Nah, tapi dengan memiliki sebuah handphone yang memiliki jumlah megapixel yang besar berarti memiliki gambar yang lebih besar . dan sangat detail ketika di perbesar karena memiliki jumlah pixel yang banyak. mungkin sobat kadang menemukan ada beberapa spesifikasi kamera smartphone memiliki resolusi yang besar tetapi hasil gambar kurang bagus, kadang juga ada yang memiliki resolusi yang kecil tetapi gambar yang dihasilkan bagus. Coba cek gambar di bawah ini.
Megapixel Kamera Smartphone
Megapixel Kamera Smartphone 

Aspect ratio kamera smartphone

Lanjut ke aspect ratio sebuah kamera smartphone, Apa itu? Aspect ratio adalah abstraksi dari sebuah resolusi dan menguranginya ke bentuk pecahan atau perbandingan yang lebih kecil misal 4:3 dan 16:9 dalam sebuah gambar landscape (datar). Jadi sekarang ini kan sobat pasti sudah sering menjumpai resolusi TV, Monitor Led dan sebagainya ada setingan aspect rationya 4:3 atau 16:9, nah itu yang dinamakan aspect ratio.

Ukuran Pixel :

Pixel adalah pertemuan antara ukuran sensor dan megapixel, Pixel itu sangat kecil kecil sekali dan hanya seukuran tulisan titik dalam sebuah kertas, namun memiliki jutaan pixel didalamnya, hitungannya biasannya di ukur dengan micrometer (um). sampai seperjuta meter, 1/254000 per inch atau 1/10000 dari 1 centimeter, jadi benar benar kecil. So, semakin besar pixel kamera smartphone kamu semakin bagus pula hasilnya, karena semakin banyak cahaya yang bisa di tampung. cek gambar dibawah ini (Baca Juga : Perbandingan lensa kamera cctv didunia - ukuran dan jenisnya)

Ukuran Pixel
Ukuran Pixel kamera smarphone

Ukuran Sensor Kamera

Ukuran sensor adalah ukuran dari fisik sebuah sensor itu sendiri. Nah ni yang sangat enak untuk disimak, intinya jumlah megapixel dari sebuah kamera smatphone tidak berarti memiliki sensor yang besar juga, jadi ada kadang kamera hp yang gambarnya kurang bagus meski memiliki jumlah megapixel yang tinggi. seperti kamera smarphone nexus yang memilikii sensor 1/2.3" dibandingkan dengan sensor kamera iphone 6 yang memliki 1/3", jadi jadi lebih kelihatan hasilnya. diukur dalam pecahan semakin besar angka semakin banyak pula jumlah sensor. Cek gambar gan biar lebih afdol

Ukuran Sensor Kamera
Ukuran Sensor Kamera


Apenture atau pencahayaan :

Apenture adalah ukuran jumlah bukaan masuknya cahaya yang masuk kedalam sebuah sensor, dihitung dalam sebuah pecahan, semakin besar pembukaan, lebih banyak cahaya yang masuk yang menjadikan semakin banyak pecahan - semakin kecil penyebut, semakin besar pula apenture yang dihasilkan. yang akhirnya efek dari semakin besar cahaya yang masuk dapat mengurangi kedalaman foto yang dihasilkan. cekidottt gambar gan biar lebih paham (Baca Juga : tempat menarik di kabupaten pati yang yang cocok buat hunting selfie)

Apenture atau pencahayaan :
Apenture atau pencahayaan :


Ukuran Focal Length

Focal length adalah perhitungan ukuran dari panjang lensa ke sensor (atau film). tapi nyatannya ukuran focal length adalah ukuran dari seberapa lebar foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone atau sudut panjangnnya. Pengukurannya dihitung terbalik,semakin panjang focal length. Semakin sempit foto, Contohnya seperti tabung gelas, semakin kecil panjang tabung semkain kita bisa melihat daerah di samping tabung, dan semakin panjang tabung tersebut, semakin fokus pula kita ke satu pandangan saja. gambarnya cek gan, (Baca Juga : Hp vivo x5, smartphone dengan fitur yang super canggih)

Ukuran Focal Length
Ukuran Focal Length

Nah, ni adalah sedikit penjelasan soal spesifikasi kamera smartphone dan ulasannya, semoga artikel in bermanfaat buat sobat semua dan bisa menjadikan perbandingan sobat dalam memilih sebuah gadget yang cocok untuk kebutuhan kita, khususnya untuk fotografi. Budayakan koment ya gan di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Spesifikasi Kamera Smartphone? cek ulasannya disini"